Saturday, September 15, 2018

Tanggapan Konsumen terhadap Jasa ; Penjual di Shopee

Seperti yang kita ketahui, Shopee adalah marketplace yang berbasiskan C2C (Customer to Customer) yang berarti bahwa penjual yang berada di marketplace ini adalah seorang customer juga. Lalu apa tanggapan mereka mengenai jasa jual beli online ini?
Ilustrasi Penjual
Saya mewawancarai seorang yang berinisial AM, dengan latar belakang perempuan berusia 17 tahun dan sedang duduk dibangku SMA kelas 3. AM merupakan seorang seller yang aktif di Shopee, barang yang dijual adalah berupa baju&kosmetik.

Pertanyaan saya mengacu kepada slideshare yang dipublikasikan oleh seorang psikolog dan merupakan owner dari humanikaconsulting(dot)com, yaitu Bapak Seta Wicaksana. Presentasi lengkap nya dapat Anda lihat di sini
Q: Siang, AM. Lagi sibuk ga? Boleh minta waktu nya sebentar untuk diwawancara berkaitan dengan bisnis mu?
A: Formal banget dah lu wkwkwkwk, boleh-boleh. Tapi minta nama saya disensor ya.

Q: Menurut kamu, dari sisi waktu, apakah ada keuntungan maupun kerugian?
A: Menurut saya, di sini saya sangat diuntungkan. Karena saya di sini bertindak sebagai "boss", di mana saya memiliki kebebasan untuk menentukan sendiri kapan saya ingin meng-upload barang tersebut ke Shopee. Menurut saya ini adalah suatu keuntungan, di mana saya tidak perlu dikejar-kejar oleh waktu juga tidak menganggu aktifitas saya yang lain, terlebih saya sekarang sudah sibuk karena mendekati masa mau UN.

Q: Apakah selama berjualan ada protes dari konsumen terhadap kendala kelamaan pengiriman?
A: Selama ini sih belum, karena saya selalu mengirim tepat waktu. Kalau di Shopee kan kalau sudah kirim ya kita tinggal input resi, urusan sampai atau engga nya yang terlambat itu sudah urusan antara pembeli dan jasa pengiriman.

Q: Kenapa sih bisa percaya sama aplikasi Shopee? Kenapa tidak menggunakan aplikasi lain?
A: Karena menurut saya Shopee paling mudah sih untuk mendapatkan pembeli. Pengalaman saya menggunakan aplikasi lain malah either cara mengoperasikan nya terlalu ribet atau jarang ada yang menggunakan aplikasi tersebut. Juga target saya kan terhadap perempuan, nah saya juga pernah nanya ke temen-temen saya make nya aplikasi apa dan kebanyakan banyak yang bilang pake Shopee, jadi saya pake Shopee aja. Juga selama ini saya gaada kendala sih yang membuat saya ga percaya sama Shopee, karena proses nya sangat terbuka antara seller-buyer, juga pencairan uang nya ga lama-lama banget, kok.

Q: Pernah ga sih selama jualan mengalami error dari segi aplikasi? Terus nyelesain nya gimana?
A: Pernah, waktu awal-awal make produk suka take down sama Shopee, dengan alasan kategori yang dimasukkan salah. Saya sih langsung protes melalui DM (re: Direct Message) instagram, dan untung nya diproses secara cepat. Sekarang sih error nya paling-paling ketika lagi dibenerin web-nya.

Q: Kenapa Shopee?
A: Ya itu, temen-temen banyak yang lebih pake Shopee dibanding aplikasi lainnya. Oh iya, di Shopee juga ada program gratis ongkir, tinggal input KTP doang kita udah bisa jualan dengan gratis ongkir. Jadi si buyer kalau beli di atas 90rb dapet subsidi ongkir 20rb, buyer juga jadi lebih seneng. Karena jujur aja saya kalo beli online juga males sama ongkir nya wkwkwk. Dengan ada subsidi gini kan jadi lebih enak, pasti orang ga perlu pusing mikirin ongkir lagi dan pasti jadi belanja terus.

Q: Ada saran ga untuk Shopee?
A: Overall sih udah bagus ya, tapi kalau bisa saya minta pencairan uang nya lebih cepet sih hehe. Biasa nya kan butuh waktu 2-3 hari tuh, kalau jadi 1-2 hari doang kan lebih mantep ya. Juga ditambahin jasa kirim nya jadi ada Grab Delivery, kadang buyer ada yang pengen langsung sampe tapi katanya pake Go-Jek Instant lebih mahal dibanding Grab Delivery. Sisanya udah oke sih

Q: Oke, terima kasih banyak atas waktu dan ketersediaan nya untuk diwawancara
A: Sama-sama

No comments:

Post a Comment