Saturday, September 15, 2018

Tanggapan Konsumen terhadap Jasa : Pembeli di Shopee

Setelah mewawancari penjual, saya juga mewawancari pembeli. Karena balik lagi, sistem Shopee yang C2C (Customer to Customer) di mana pembeli dan penjual sama-sama merupakan pengguna jasa.
ilustrasi pembeli
Pembeli yang saya wawancarai berinisial CC, dengan latar belakang perempuan berusia 16 tahun, sedang duduk di bangku SMA kelas 11. CC merupakan seorang K-Popers (pecinta girl/boygroup Korea) yang menggunakan platform Shopee untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan group yang ia suka.

Pertanyaan yang saya gunakan di sini masih mengacu terhadap Slideshare yang dipublikasikan oleh seorang psikolog dan merupakan owner dari humanikaconsulting(dot)com, yaitu Bapak Seta Wicaksana. Presentasi lengkap nya dapat Anda lihat di sini
Q: Siang, CC. Boleh minta waktu nya untuk di wawancara terkait tugas saya yang pernah saya kasih tau kemarin?
A: Boleh boleh, mumpung lagi istirahat nih.

Q: Sebagai pembeli di Shopee, menurut kamu apakah barang yang kamu terima sudah tepat waktu/belom?
A:  Kalo dari segi waktu, balik ke seller nya masing-masing. Karena yang ga semua seller kayak waktu nya hanya di Shopee, pasti ada yang sekolah/kuliah/kerja, jadi tergantung keaktifan seller nya sih ngasih info ke kita. Kalo dari aplikasi nya kadang suka ga tepat waktu, kadang barang udah sampai dari pagi, tapi di aplikasi nya belum ke update kalau barang udah sampai. Emang ga ada pengaruh langsung sih, coman kalau lagi ga di rumah kan jadi lumayan berpengaruh.

Q: Kenapa sih bisa percaya sama Shopee?
A: Sebenernya tugas Shopee hanya menjadi penengah kedua belah pihak, di mana ketika kita beli suatu barang, uang kita akan ditahan oleh pihak Shopee terlebih dahulu jadi ketika seller nya nipu uang kita masih aman dan bisa dikembaliin oleh pihak Shopee, jadi lebih tenang aja belanja nya juga.

Q: Kenapa pakai Shopee? kenapa ga platform lain?
A: Karena ada gratis ongkir, jadi ga terlalu mikirin soal ongkir nya sih. Juga Shopee ngasih banyak event menarik, terakhir itu ada event Lisa Blackpink (salah satu member dari group Blackpink) dateng ke Indonesia, itu dibawa sama Shopee. Cara dapetin tiket nya juga gampang, coman tinggal cepet-cepetan belanja di Shopee. Juga kadang ada program cashback, dan terakhir ini yang lagi ada itu Goyang Shopee (di mana di waktu tertentu kita tinggal menggoyangkan HP kita dalam aplikasi Shopee dan kita dapet koin), kan lumayan koin nya bisa dipake ketika lagi belanja, jadi harga belanjaan nya jadi kurang. 

Q: Pernah ada kendala ga selama make Shopee?
A: Selama ini sih belum, paling-paling kendala yang didapet dari seller nya, bukan dari aplikasi Shopee nya.

Q: Apakah ada saran untuk Shopee ke depannya harus seperti apa?
A: Saya berharap sih sering-sering ngadain event-event yang seru seperti goyang shopee, jadi belanja nya jadi banyak diskon. Juga kalau bisa lebih disortir lagi seller nya, selain beli barang-barang kpop kadang saya juga beli keperluan perempuan seperti kosmetik/skincare, kadang agak takut karena seller nya ga terpercaya gitu. 

Q: Oke, terima kasih atas waktu dan ketersediaan nya untuk di wawancara
A: iyaa sama-samaa.

No comments:

Post a Comment